Adaptor Charger USB-C Apple: Daya Sesuai Perangkat

0
24
Adaptor Charger USB-C Apple: Daya Sesuai Perangkat

Saaih Halilintar – Apple menawarkan adaptor charger tunggal yang dapat mengisi daya dua perangkat sekaligus untuk pertama kalinya, dan dapat menyeimbangkan pengiriman daya antar perangkat berdasarkan kebutuhan daya masing-masing. Meskipun perusahaan tidak lagi menyertakan adaptor charger di dalam kotak dengan perangkat tertentu, seperti iPhone, kualitas adaptor mereka telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Selama lebih dari satu dekade, teknologi adaptor charger USB-A 5W saja disertakan dengan sebagian besar iPhone dan iPod, meskipun kebutuhan daya perangkat tersebut meningkat. Sekarang, opsi default dari toko ritel Apple adalah adaptor charger USB-C kompak 18W, yang jauh lebih bermanfaat daripada adaptor charger sebelumnya dari perusahaan. Tetapi bagi pengguna yang ingin mengisi daya lebih dari satu perangkat, adaptor charger ganda mungkin merupakan cara yang tepat,dan menyeimbangkan daya untuk mengisi daya perangkat dengan cepat.

Apple memperkenalkan produk tersebut di Worldwide Developers Conference pada bulan Juni, sebuah acara yang biasanya disediakan untuk pengumuman perangkat lunak dan alat pengembang. Namun, acara tahun ini menampilkan MacBook Air M2 baru, dan adaptor charger 35W ganda dirilis bersama laptop yang didesain ulang. Untuk pembeli yang ingin membeli MacBook Air M2 baru, beberapa konfigurasi komputer dilengkapi dengan adaptor charger 35W ganda yang disertakan dengannya.

Siapa pun yang menginginkan adaptor charger Apple resmi yang dapat mengisi daya lebih dari satu perangkat harus mengeluarkan $59 untuk model ukuran penuh atau kompak. Adaptor charger ganda mungkin tidak istimewa dibandingkan dengan opsi pihak ketiga, tetapi fitur penyeimbang daya mungkin berguna untuk mengisi daya perangkat Apple.

Setiap perangkat memiliki kebutuhan daya yang berbeda, dan menggunakan adaptor charger yang kurang bertenaga dapat menghasilkan pengalaman pengguna yang kurang memuaskan. Misalnya, meskipun Charger iPad Pro 18W yang dilengkapi USB-C dapat secara teori memberi daya pada MacBook, namun tidak memiliki daya yang cukup untuk mengisi daya perangkat.

Inilah sebabnya mengapa adaptor charger ganda 35W tampaknya kurang bertenaga untuk mengisi daya lebih dari satu perangkat. Sebagian besar adaptor charger akan membagi watt secara merata di antara perangkat ketika lebih dari satu produk terhubung, memangkas jumlah daya yang dihasilkannya. Namun dalam beberapa kasus, adaptor charger ganda Apple dapat secara intuitif mendistribusikan daya berdasarkan kebutuhan.

Bagaimana Adaptor Charger Ganda Membagi Daya

Untuk sebagian besar perangkat Apple, pengiriman daya akan dibagi rata antara kedua perangkat saat menggunakan adaptor charger ganda perusahaan. Ini karena sebagian besar perangkat Apple memerlukan pengiriman daya lebih dari 17,5W, yang merupakan jumlah daya yang dapat diberikan Charger saat dibagi rata di antara dua port Charger. Setiap kombinasi iPhone, iPad, dan MacBook yang terhubung ke adaptor charger masing-masing akan menerima pengiriman daya 17,5W.

Apple menyadari bahwa ini mungkin tidak cukup untuk mengisi daya beberapa perangkat dengan cepat, terutama MacBook dan iPad kelas atas. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk membiarkan port USB-C terbuka sehingga perangkat yang haus daya dapat menggunakan semua daya 35W yang tersedia.

Baca: MacBook Pro M2 Memiliki Daya Tahan Baterai Lebih Baik Dari Pendahulunya

Fitur penyeimbang daya memberikan dampak saat sepasang AirPods atau Apple Watch tersambung ke adaptor charger karena perangkat ini membutuhkan lebih sedikit daya. Pengiriman daya tidak terbagi rata jika MacBook, iPhone, atau iPad tersambung ke adaptor charger dengan sepasang AirPods atau Apple Watch. MacBook, iPhone, atau iPad akan menerima pengiriman daya hingga 27,5W, sedangkan sepasang AirPods atau Apple Watch akan menerima daya hingga 7,5W.

Baca: MacBook 15 inci Mungkin Hadir Dengan Prosesor M2 & M2 Pro

Fitur ini mungkin menjadikan adaptor charger ganda sebagai solusi sempurna untuk mengisi daya iPhone dan sepasang AirPods atau AppleTonton secara bersamaan. Distribusi daya memastikan bahwa kedua perangkat menerima daya yang mereka butuhkan untuk mengisi daya dengan cepat. Namun, untuk perangkat yang lebih kuat seperti MacBook dan iPad, adaptor charger ganda mungkin tidak memotongnya saat mengisi daya beberapa perangkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here