Garmin Venu SQ: Sportwatch Terjangkau Dengan Statistik Kesehatan

0
22
smartwatch garmin terbaik garmin venu sq

Saaih Halilintar – Garmin Venu Sq adalah jawaban perusahaan untuk banyak jam tangan pintar yang berfokus pada olahraga anggaran yang memasuki pasar pada tahun 2020, dan merupakan pilihan yang lebih murah bagi mereka yang mencari Garmin di pergelangan tangan mereka.

Ini adalah jawaban Garmin untuk perangkat seperti Huawei Watch GT2e, Amazfit GTS2 dan bahkan Apple Watch SE, yang semuanya memiliki mode pelacakan olahraga yang beragam dan label harga yang kompetitif.

Dan memang Garmin Venu Sq mengungguli Garmin Venu dan Vivoactive 4 milik perusahaan itu sendiri. Tapi apa yang dikorbankan? Dan apakah Venu Sq merupakan pembelian yang cerdas? Kami telah menguji untuk mencari tahu.

Venu Sq: Harga dan Penyelesaian

Jadi mari kita turun ke bisnis. Smartwatch Garmin terbaik Venu Sq hadir dalam dua edisi berbeda. Venu Sq standar berharga $ 199,99. Edisi musik Venu Sq, yang menambahkan pemutar musik built-in, dijual dengan harga $249,99.

Ini harga yang bagus dan memotong Fitbit Versa 3 seharga $229,99 dan Apple Watch SE seharga $279,99. Jika Anda melihat Huawei Watch GT2e, nilainya bagus di $129,99, tetapi ekosistem dan aplikasinya tidak sebagus Garmin Venu Sq.

Tetapi jika Anda memang ingin menghabiskan lebih banyak uang maka saat ini Anda dapat membeli Garmin Venu dengan harga sekitar $250 dan Garmin Vivoactive 4 dengan harga yang hampir sama.

Garmin Venu Sq: Desain

Seperti tren dengan sub-pasar jam tangan pintar anggaran, Garmin Venu Sq condong ke arah desain tipe Apple Watch. Ini lebih besar dan lebih kotak daripada jam tangan pintar Apple, dan terbuat dari bahan premium yang jauh lebih sedikit.

Ada dua tombol fisik di bezel kanan. Tombol atas memanggil profil olahraga yang dilacak, yang merupakan andalan pengalaman Venu Sq, dan bagian bawah menavigasi kembali ke menu.

Layar LCD 240 x 240 penuh warna dan menampilkan informasi dengan jelas dengan baik.

Ini adalah potongan di atas orang-orang seperti Fenix ​​​​dan Forerunner, tetapi tidak sampai ke tingkat kejelasan layar Garmin Venu atau Apple Watch.

Jika kita bersikap kritis, Venu Sq memang mengemas banyak informasi hanya ke beberapa layar dan mengetuk untuk memperluas informasi bisa sangat rumit.

Antarmuka juga cukup buram di beberapa tempat, dan tentu saja tidak seintuitif perangkat Garmin lainnya. Dan itu dikacaukan oleh opsi teks yang cukup kecil dan antarmuka sentuh yang cukup tidak tepat, yang dapat membuat navigasi menjadi rumit. Namun, kejelasan teks sangat baik, terutama saat berjalan.

Layar tidak selalu aktif secara default sehingga Anda perlu mengangkat pergelangan tangan untuk melihat waktu. Namun, ada opsi untuk memiliki informasi yang selalu aktif jika Anda menginginkannya.

Tali karet ramah olahraga, dan menggunakan gesper. Itu melakukan pekerjaan yang baik untuk tetap bertahan selama pakaian sepanjang hari. Garmin Venu Sq tahan air hingga kedalaman 50m, jadi cocok untuk kolam renang dan pancuran.

Venu Sq: Pelacakan olahraga

Sementara Venu Sq adalah jam tangan pintar sepanjang hari anggaran perusahaan, kasus penggunaannya masih sangat condong ke arah pelacakan olahraga.

Anda mendapatkan mode untuk berlari, bersepeda (dalam dan luar ruangan), berjalan kaki, golf, kekuatan, kardio, yoga/pilates, elips, ski, dan olahraga salju. Dan ada lebih banyak profil host. Pada dasarnya, sebut saja, itu melacaknya.

Ada juga mode lain untuk perhatian, latihan pernapasan, dan pernapasan terpandu.

Terlebih lagi, latihan seperti lari dan bersepeda memiliki sesi terpandu yang tersedia di pergelangan tangan. Anda dapat mengikuti sesi interval terpandu, pengulangan seperempat mil, atau untuk pemula, sesi lari/jalan juga.

Ada sesi terpandu untuk sebagian besar aktivitas, bahkan yoga meskipun sangat sederhana, menawarkan sedikit panduan, penjelasan tentang gerakan, atau lebih dari sekadar pengatur waktu sederhana.

Berikut adalah rincian dari beberapa mode utama yang kami uji coba:

Fitur Berlari

Berlari menawarkan data yang cukup mendasar, menunjukkan kecepatan, kecepatan putaran, jarak, waktu, dan detak jantung langsung.

Tingkat data pada setiap layar dijaga agar tetap minimum, sehingga mudah dibaca di tengah latihan dan Anda dapat menggesek untuk mengubah layar menggunakan layar sentuh.

Data pasca lari cukup lengkap dan tentunya cukup untuk sebagian besar pelari. Rincian pada jam tangan kecil dan sulit dibaca, jadi paling baik dicerna di Garmin Connect, atau Strava yang dapat dihubungkan dengan mudah.

Di situlah Anda bisa mendapatkan informasi tidak hanya tentang metrik lari inti tetapi juga irama, ketinggian, dan waktu yang dihabiskan di zona detak jantung.

Anda tidak mendapatkan biometrik tingkat lanjut dari latihan seperti yang Anda temukan di perangkat Forerunner dan Fenix, seperti Training Effect, Load, atau VO2 Max. Venu Sq dimaksudkan sebagai perangkat tipe jack-of-all-trade bagi mereka yang mengejar pelacakan kualitas dasar-dasar.

Ini berarti bahwa meskipun Anda mendapatkan sejumlah mode latihan khusus, Anda tidak mendapatkan lebih banyak data daripada jam tangan pintar berbasis kebugaran standar. Pelacakan lari tidak lebih detail daripada yang Anda dapatkan di Apple Watch, misalnya.

Renang

Venu Sq, seperti Venu yang lebih besar, dapat melacak kolam renang, tetapi tidak dilengkapi untuk melakukan hal yang sama untuk berenang di perairan terbuka. Jika Anda menginginkannya, Anda harus membeli jam tangan Garmin Swim 2 atau membelanjakan lebih banyak uang untuk sesuatu seperti Forerunner 745 atau 945.

Dengan penurunan ukuran dan perawakan, ini tidak terlalu besar tetapi sedikit lebih sulit untuk menyerap metrik real-time Anda di dalam air. Saat tiba waktunya untuk melacak, ini adalah pengalaman yang identik dengan berenang bersama Venu.

Anda memiliki satu layar data dengan hanya dua bidang data yang Anda inginkan, yang dapat Anda edit. Anda dapat mengatur peringatan berdasarkan waktu, jarak dan kalori dan Anda mengaktifkan istirahat otomatis antara panjang.

Setelah berenang, Anda dapat melihat lebih banyak metrik di dalam aplikasi Connect.

Jadi, Anda akan dapat melihat rata-rata pukulan, kecepatan, kecepatan, dan mendapatkan skor SWOLF tersebut. Kami menemukan metrik inti secara keseluruhan cocok dengan Form Swim Goggles yang kami adu.

Jadi, meskipun bukan yang terbaik untuk mengambil data saat berenang, ini memberikan data yang andal dan banyak metrik tambahan saat Anda keluar dari kolam.

Golf, yoga, dan lainnya

Begitu juga dengan mode lainnya juga terbilang sederhana. Kami mencoba yoga di kelas dan ternyata lebih detail daripada Fitbit atau Apple Watch.

Tingkat stres dan pernapasan per menit dilacak sepanjang sesi dan ditampilkan di jam tangan jika Anda ingin mengawasi respons tubuh Anda meskipun stres berhenti di tengah sesi kami.

Dan jika mau, Anda dapat beralih untuk setiap posisi yoga. Namun, kami menemukan bahwa menjadi sedikit kontra-intuitif di kelas, di mana Anda tidak ingin mengutak-atik jam tangan Anda.

Sangat menyenangkan mendapatkan metrik yoga-sentris, tetapi kami tidak menganggapnya sangat berguna di kelas terstruktur. Tetapi kita dapat melihat bagaimana orang-orang yang melakukan latihan yoga di rumah dapat menemukan data tingkat pernapasan dan stres yang menarik.

Pelacakan golf adalah mode asli di Garmin Venu Sq tetapi Anda perlu memuat data lapangan dan menyinkronkannya terlebih dahulu melalui Garmin Connect. Tidak apa-apa jika Anda bermain kursus secara teratur, tetapi bisa menjadi masalah jika Anda membiarkan sinkronisasi sampai tee box pertama.

Kami menemukan bahwa pelacakannya akurat dan responsif, menawarkan jarak ke depan, tengah, dan belakang secara sekilas.

Anda mendapatkan banyak fitur jam tangan Approach premium, termasuk deteksi bidikan otomatis, yang akan menunjukkan jarak bidikan terlacak terakhir. Ini adalah fitur sederhana yang kami nikmati pada jam tangan golf Garmin, tetapi kami menemukan itu tidak bekerja dengan baik di Venu Sq dan sebagian besar waktu tidak mendeteksi pukulan kami.

Anda juga akan mendapatkan informasi lay-up dan bahaya, tetapi sekali lagi, kami menemukan antarmukanya sedikit rumit.

Baca: Review Garmin Lily: Smartwatch Wanita Sporty Namun Klasik

Singkatnya, jack-of-all-trade yang bagus pada titik harga ini, tetapi Garmin Venu Sq tidak membuka jalan baru.

Venu Sq: Fitur dan akurasi detak jantung

Venu Sq menggunakan sensor detak jantung optik Elevate perusahaan, dan itu adalah kinerja yang baik pada jam tangan pintar anggaran.

Ini dikemas dalam deteksi oksigen darah SpO2 serta pelacakan detak jantung sederhana, yang bekerja 24/7.

Karena Venu Sq terutama merupakan jam tangan yang berfokus pada olahraga, kami akan mulai dengan kinerjanya selama sesi yang dilacak.

Kami menemukan kinerja HR sejalan dengan sebagian besar perangkat Garmin lainnya, dengan pelacakan dan akurasi yang solid selama latihan sedang hingga intens. Kami mencoba tempo berjalan dan sensor dicocokkan dengan tali dada, hampir persis sama dengan intensitas detak jantung rata-rata dan puncak – dan dalam batas kesalahan untuk pengujian seperti ini.

Anda dapat melihat data perbandingan di atas dan sangat cocok antara Venu Sq dan tali dada.

Ketika kami mencoba membebani sensor dengan interval cepat di akhir lari 10K (tepat setelah pemadaman), sensor itu tertinggal secara signifikan secara real time, tetapi melacak puncak dan terendah secara akurat. Beberapa sensor hanya meleleh ketika detak jantung mulai memantul, tetapi Garmin melakukannya lebih baik daripada kebanyakan.

Seperti biasa kami harus menekankan bahwa jika Anda benar-benar peduli untuk mendapatkan pembacaan HR yang akurat dan langsung selama HIIT, Anda akan memerlukan tali dada yang berlaku untuk sensor optik apa pun di perangkat apa pun. Tapi kami senang dengan sensor optik Venu Sq sebagai panduan seberapa keras Anda berolahraga dan mengumpulkan data untuk Body Battery, stres, pemulihan, dan data zona detak jantung.

Anda juga dapat memetakan zona secara manual jika Anda mau, dan bahkan lebih baik lagi, Venu Sq mendukung sensor eksternal.

Venu Sq: Statistik Kesehatan

Meskipun telah menjadi fitur perangkat kesehatan dan kebugaran selama beberapa waktu, SpO2 menjadi sorotan saat ini berkat penampilannya di Apple Watch Series 6.

Tetapi Anda mendapatkan lebih banyak data di Venu Sq dengan setengah harga.

Seperti Apple Watch, Anda dapat melihat oksigen darah dilacak selama tidur, yang dapat mengungkapkan gangguan tidur seperti sleep apnea. Ini mendukung pelacakan sapi pulsa sepanjang hari juga. Namun, kedua opsi ini dinonaktifkan secara default dan akan sangat memengaruhi masa pakai baterai.

Kami sebenarnya suka menonaktifkan fitur ini, karena ini bukan sesuatu yang kebanyakan orang perlu lacak setiap hari. Namun, pelacakan otomatis seminggu sekali mungkin merupakan cara yang lebih berguna untuk mengintegrasikan fitur tersebut.

Tetapi sensor SpO2 masih digunakan terlepas dari apakah Anda mengaktifkan pemantauan sapi.

Seperti Fitbit Sense, Venu Sq melacak laju pernapasan saat tidur dan juga akan bekerja selama beberapa latihan seperti yoga. Tingkat pernapasan yang meningkat bisa menjadi tanda penyakit pernapasan yang akan datang, jadi patut diwaspadai.

Kami menemukan pelacakan laju pernapasan Fitbit dan Garmin setara, menunjukkan akurasi yang layak. Tetapi Venu Sq menawarkannya tanpa berlangganan Premium yang merupakan nilai jual yang besar.

Venu Sq: Baterai Tubuh dan stres

Seperti Fitbit Sense, Garmin Venu Sq berfokus pada tingkat stres dan energi. Meskipun tidak memiliki sensor EDA khusus seperti Fitbit, ia akan mempelajari stres tubuh menggunakan metrik seperti variabilitas detak jantung, dan mengumpulkannya menjadi satu skor stres.

Demikian juga, itu juga akan memperkirakan tingkat energi menggunakan fitur Body Battery. Ini dilakukan dengan memantau sinyal dalam detak jantung Anda, disesuaikan dengan tingkat olahraga dan kualitas tidur. Ini adalah fitur yang bagus dan dapat digunakan untuk memandu apakah akan menjadwalkan sesi latihan yang lebih ringan/berat atau bahkan melewatkan satu sesi untuk mengisi ulang.

Kedua fitur ini sama sekali tidak eksklusif untuk Garmin Venu Sq, dan dapat ditemukan di seluruh jajaran Forerunner dan Fenix. Tapi itu menyegarkan untuk melihat ini pada perangkat berbiaya rendah dan digunakan sebagai metrik kesehatan, daripada ditujukan untuk kerumunan atlet kinerja.

Masalah utama yang kami miliki adalah presentasi pada jam tangan. Antarmuka yang membingungkan membuat fitur-fitur ini terasa diremehkan, dan yang terbaik adalah melihatnya di Garmin Connect.

Venu Sq: Pelacakan Tidur

Pelacakan tidur Garmin telah mengalami perombakan besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir, dan ini merupakan alternatif yang layak untuk Fitbit yang masih kami anggap terbaik di kelasnya. Dan itu tahun cahaya di depan pelacakan asli yang ditemukan di Apple Watch.

Anda mendapatkan rincian tahapan tidur (dalam, ringan, REM dan terjaga) sepanjang malam. Anda dapat melihat oksigen darah dan pernapasan juga.

Namun, itu tidak menawarkan skor tidur tunggal, seperti yang akan Anda temukan di Fitbit.

Kami juga merasa kurang sensitif dibandingkan Fitbit dan Withings Sleep Analyzer yang kami bandingkan juga dan rata-rata mencapai waktu tidur ekstra sekitar satu jam.

Kami merasa Fitbit adalah penilai yang keras untuk kualitas tidur, tetapi jika Anda ingin mendapatkan istirahat yang lebih baik, mungkin yang terbaik adalah tidak mendapatkan skor rias.

Venu Sq: Pelacakan Kebugaran

Tentu saja, Garmin juga melakukan dasar-dasar pelacakan kebugaran. Venu Sq melacak langkah, kalori, menit aktif, dan detak jantung istirahat yang dianggap sebagai prinsip utama gaya hidup sehat.

Semua ini dapat diakses di pergelangan tangan, bersama dengan Body Battery dan Stress, dengan menggesek ke bawah pada bagian depan jam ke My Day.

Anda kemudian dapat, dengan ketukan jari kecil yang tepat, mengakses analitik yang lebih mendalam dari setiap metrik jika Anda menginginkannya.

Namun, Anda sebaiknya menggunakan Garmin Connect. Dan kami senang melihat aplikasi pendamping penuh dengan metrik, wawasan, dan data setelah beberapa hari dengan Garmin Venu Sq.

Untuk perangkat dengan harga rendah, itu menghasilkan banyak data kesehatan dan kesejahteraan. Dan tidak seperti aplikasi Zepp Amazfit atau aplikasi Huawei Health, ini adalah ekosistem matang yang mendukung Venu Sq.

Antarmuka Venu Sq yang sederhana dan agak rumit berarti Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di sini daripada di perangkat Garmin lainnya tetapi Anda tidak akan kecewa.

Venu Sq: Fitur Smartwatch

Ada banyak kecerdasan di Venu Sq, dan menangani dasar-dasarnya dengan penuh percaya diri.

Pemberitahuan dikirimkan dengan baik dengan pesan yang mudah dibaca dan diformat dengan baik yang diteruskan dari ponsel Anda. Namun, kami mematikannya setelah beberapa hari.

Anda mendapatkan Garmin Pay, yang tidak memiliki dukungan perbankan yang sama dengan Apple Pay, tetapi memiliki pilihan yang sehat di AS.

Dan jika Anda memilih Venu Sq yang lebih mahal, Anda juga akan mendapatkan dukungan musik. Itu berarti dukungan untuk daftar putar yang disinkronkan Spotify, yang merupakan Cawan Suci musik yang dapat dikenakan. Ada dukungan Deezer dan Pandora juga.

Kami memiliki beberapa masalah saat mengatur musik, yaitu menghubungkan Venu Sq ke Wi-Fi kami. Setelah itu bekerja dengan baik, dan jika Anda berkomitmen untuk berlari dan berolahraga tanpa ponsel Anda, maka itu berhasil.

Sejujurnya, kami merasa harga premium murni untuk musik membawa Venu Sq ke tempat yang terasa agak sulit untuk dibenarkan.

Venu Sq: Daya Tahan Baterai

Garmin menjanjikan masa pakai baterai enam hari dalam mode jam tangan pintar, yang sesuai dengan pengujian kami. Namun, ini bergantung pada Anda menjaga agar layar selalu aktif, dan tidak menggunakan Pulse Ox di malam hari.

Jika Anda melakukannya, Anda dapat mengharapkan sekitar setengah dari waktu itu. Dalam hal pelacakan GPS, Garmin menjanjikan 14 jam sekali lagi, yang diperiksa dari penggunaan kami sendiri.

Itu menempatkannya di ranah Fitbit Sense, meskipun di sana enam hari termasuk pelacakan oksigen darah di malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here